Mata Pelajaran :
Kompetensi kejuruan Mekanik Otomotif
Kelas/Semester : III / I
Alokasi Waktu : 8 x 40
menit
Bidang studi keahlian : teknologi dan
rekayasa
Program studi
keahlian : teknik
otomotif
Kompetensi keahlian : teknik kendaraan
ringan
Standart Kompetensi : 10. memperbaiki sistem
suspensi
Kompetensi Dasar :
10.1 Memeriksa sistem
suspensi dan komponen-komponennya
Indikator :
ü Pemeliharaan/servis sistem
suspensi dilaksana-kan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap
komponen/sistem lainnya
ü Informasi yang benar
diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
ü Pemeliharaan/servis
sistem suspensi dilaksana-kan berdasarkan metode dan perlengkapan yang
sesuai terhadap spesifika-si pabrik
ü Data yang tepat dileng-kapi
sesuai hasil pemeli-haraan/servis
∙ Seluruh kegiatan
peme-liharaan/servis sistem suspensi dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard
Operation Procedures), undang-undang K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja),
peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusahaan.
I. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat
ü Memahami fungsi suspensi
ü Mengerti konstruksi dan
cara kerja suspensi
ü Menjelaskan perbedaan
dari berbagai jenis suspensi
ü Standar prosedur
keselamatan kerja.
II. Materi
Pokok
ü Konstruksi dan prinsip
kerja sistem suspensi
ü Pemeliharaan/servis sistem
suspense dan komponen-nya.
ü Standar prosedur
keselamatan kerja.
III. Metode
Pembelajaran
ü Informasi
ü Penugasan
ü Observasi
ü Diskusi
ü Demonstrasi
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan Awal
∙ Guru
membagikan Modul
Kegiatan Inti
ü Mempelajari prinsip kerja
sistem suspensi melalui penggalian infomasi pada buku manual.
ü Mempelajari konstruksi
sistem suspensi dengan pegas spiral dan dengan pegas daun
berikut komponen-komponennya melalui penggalian infomasi pada modul.
ü Mengidentifikasi
peralatan pemeliharaan/servis sistem suspensi dan/atau komponen-komponennya sesuai ketentuan data
spesifikasi pabrik.
ü Mempelajari prosedur pemeriksaan/servis
sistem suspense aksil rigid dan/atau komponen-komponennya dengan menggali
informasi melalui buku manual.
ü Membersihkan pegas spiral
dan pegas daun pada sistem suspensi secara berkala.
ü Membersihkan shock
absorber secara berkala.
ü Membersihkan bushing pada
lengan pengontrol atas dan bawah, stabilzer dan dudukan shock absorber secara
berkala.
ü Mengganti bushing pada
lengan pengontrol atas dan bawah, stabilzer dan dudukan shock absorber secara
berkala.
ü Memeriksa dan mengganti
ball joint lengan pengontrol atas dan bawah.
ü Mengganti shock absorber
dan pegas spiral
ü Memeriksa dan mengganti
karet pada dudukan pegas daun.
Kegiatan Akhir
ü Siswa mengerjakan latihan
soal-soal yang ada pada modul
ü Guru memberikan penilaian
V. Alat
dan Sumber Belajar
ü Modul sistem
suspensi
ü Buku manual
ü Suspensi Mc pherson
ü Double wishbone
ü Suspensi daun
ü Special tools
ü Hand tools
VI. Penilaian
ü Tes Tertulis
ü Non test (observasi/cek
list) dan lisan
KRITERIA KELULUSAN
Aspek
|
Skor
(110)
|
Bobot
|
Nilai
|
Keterangan
|
Kognitif
(soal no 1 s.d 5)
|
5
|
Syarat lulus,
nilai minimal 75 dengan skor setiap aspek minimal 75
|
||
Ketepatan
prosedur pemeriksaan
|
1
|
|||
Hasil
pemeriksaan
|
2
|
|||
Ketepatan
waktu
|
1
|
|||
Keselamatan
kerja
|
1
|
|||
Nilai Akhir
|
Kategori kelulusan :
70 s.d.
79 : memenuhi
kriteria minimal dengan bimbingan
80 s.d.
89 : memenuhi
kriteria minimal tanpa bimbingan
90 s.d.
100 : di
atas minimal tanpa bimbingan
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 2
takengon
|
Takengon, 06
februari 2017
Guru mata pelajaran
|
Hajarussalam, M.Pd
Nip
|
Dodi seprinaldi,
S.Pd
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Kompetensi
kejuruan Mekanik Otomotif
Kelas/Semester : III / I
Alokasi Waktu : 8 x 40
menit
Bidang studi keahlian : teknologi dan
rekayasa
Program studi
keahlian : teknik
otomotif
Kompetensi keahlian : teknik kendaraan
ringan
Standart Kompetensi : 10. memperbaiki sistem
suspensi
Kompetensi Dasar :
10.1 Merawat sistem
suspensi dan komponen-komponennya
Indikator :
ü Fungsi perawatan suspensi dijelaskan sesuai service
manual
ü Teknik perawatan suspensi dan komponennya dijeaskan
sesuai service manual
ü Perawatan sistem suspensii dilaksanakan tanpa menyebabkan
kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
I. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat melakukan Perawatan pada sistem suspensi
II. Materi
Pokok
ü Perawatan sistem
suspensi dan komponen-nya.
ü Standar prosedur
keselamatan kerja.
III. Metode
Pembelajaran
ü Informasi
ü Penugasan
ü Observasi
ü Diskusi
ü Demonstrasi
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan Awal
∙ Guru
membagikan Modul
Kegiatan Inti
ü Mendeskripsikan fungsi dan kegunaan perawatan sistem suspensi melalui
penggalian berbagai informasi
ü Menderkripsikan Teknik perawatan suspensi dan komponen-komponennya
ü Menggreasing magperson Stud, upper/lower arm , ball joint dan torsion bar
mengikuti service manual
Kegiatan Akhir
ü Siswa mengerjakan latihan
soal-soal yang ada pada modul
ü Guru memberikan penilaian
V. Alat
dan Sumber Belajar
ü Modul sistem
suspensi
ü Buku manual
ü Suspensi Mc pherson
ü Double wishbone
ü Suspensi daun
ü Special tools
ü Hand tools
VI. Penilaian
ü Tes Tertulis
ü Non test (observasi/cek
list) dan lisan
KRITERIA KELULUSAN
Aspek
|
Skor
(110)
|
Bobot
|
Nilai
|
Keterangan
|
Kognitif
(soal no 1 s.d 5)
|
5
|
Syarat lulus,
nilai minimal 75 dengan skor setiap aspek minimal 75
|
||
Ketepatan
prosedur pemeriksaan
|
1
|
|||
Hasil
pemeriksaan
|
2
|
|||
Ketepatan
waktu
|
1
|
|||
Keselamatan
kerja
|
1
|
|||
Nilai Akhir
|
Kategori kelulusan :
70 s.d.
79 : memenuhi
kriteria minimal dengan bimbingan
80 s.d.
89 : memenuhi
kriteria minimal tanpa bimbingan
90 s.d.
100 : di
atas minimal tanpa bimbingan
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 2
takengon
|
Takengon, 06
februari 2017
Guru mata pelajaran
|
Hajarussalam, M.Pd
Nip
|
Dodi seprinaldi,
S.Pd
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran :
Kompetensi kejuruan Mekanik Otomotif
Kelas/Semester : III / I
Alokasi Waktu : 8 x 40
menit
Bidang studi keahlian : teknologi dan
rekayasa
Program studi
keahlian : teknik
otomotif
Kompetensi keahlian : teknik kendaraan
ringan
Standart Kompetensi : 10. memperbaiki sistem
suspensi
Kompetensi Dasar :
10.1 Memperbaiki sistem
suspensi dan komponen-komponennya
Indikator :
ü Jenis-jenis gangguan pada sistem suspensi dan komponen-komponennya
dijelaskan sesuai buku informasi
ü Teknik pelepasan sistem suspensi dan komponennya dijelaskan sesuai service
manual
ü Kondisi sistem/ komponen suspensii ditentukan dengan membandingkan kondisi
komponen yang sebenar-nya (standar) pada spesifikasi pabrik untuk batasan/
toleransi sesuai perundang-undangan kelaikan kendaraan.
ü Perbaikan sistem suspensii dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan
terhadap komponen atau sistem lainnya.
I. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat
ü Memahami gangguan pada system suspensi
ü Mengerti konstruksi dan
cara kerja suspensi
ü Menjelaskan penyebab kerusakan pada suspensi
ü Standar prosedur
keselamatan kerja.
II. Materi
Pokok
ü Gangguan sistem suspensi
ü Perbaikan suspensi dan komponennya
III. Metode
Pembelajaran
ü Informasi
ü Penugasan
ü Observasi
ü Diskusi
ü Demonstrasi
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan Awal
∙ Guru
membagikan Modul
Kegiatan Inti
ü Mendeskripsikan jenis gangguan
sistem suspensi dan penyebabnya melalui penggalian berbagai infomasi.
ü Mendiskripsikan teknik pelepasan komponen-komponen suspensi dari unit
kendaraan dengan mempelajari service manual
ü Menentukan kondisi suspensi dan
komponennya melalui pemeriksaan visual dan pengukuran spesifikasi
ü Membongkar dan mengganti komponen
suspensi dengan mengikuti service manual
ü Mengecek hasil perbaikan dan mengetes kinerja sistem suspensi
ü Membuat laporan dan mempresentasikan perbaikan sistem suspensi.
Kegiatan Akhir
ü Siswa mengerjakan latihan
soal-soal yang ada pada modul
ü Guru memberikan penilaian
V. Alat
dan Sumber Belajar
ü Modul sistem
suspensi
ü Buku manual
ü Suspensi Mc pherson
ü Double wishbone
ü Suspensi daun
ü Special tools
ü Hand tools
VI. Penilaian
ü Tes Tertulis
ü Non test (observasi/cek
list) dan lisan
KRITERIA KELULUSAN
Aspek
|
Skor
(110)
|
Bobot
|
Nilai
|
Keterangan
|
Kognitif
(soal no 1 s.d 5)
|
5
|
Syarat lulus,
nilai minimal 75 dengan skor setiap aspek minimal 75
|
||
Ketepatan
prosedur pemeriksaan
|
1
|
|||
Hasil
pemeriksaan
|
2
|
|||
Ketepatan
waktu
|
1
|
|||
Keselamatan
kerja
|
1
|
|||
Nilai Akhir
|
Kategori kelulusan :
70 s.d.
79 : memenuhi
kriteria minimal dengan bimbingan
80 s.d.
89 : memenuhi
kriteria minimal tanpa bimbingan
90 s.d.
100 : di
atas minimal tanpa bimbingan
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 2
takengon
|
Takengon, 06
februari 2017
Guru mata pelajaran
|
Hajarussalam, M.Pd
Nip
|
Dodi seprinaldi,
S.Pd
|
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon