Cara Kerja Planetary Gear Transmisi Otomatis

        Mungkin sahabat otomania tidak asing lagi dengan istilah planetary gear unit, yang mana merupakan komponen pada transaxle otomatis. Komponen transmisi otomatis ini terdiri dari Torque converter, Planetary gear dan Hydraulik control unit.

       Planetary gear unit terdiri planetary gears, clutch (kopling), dan rem, set planetary gear depan dan set planetary gear belakang terhubung pada clutch dab rem yang menghubungkan dan memutuskan hubungan dengan daya. Komponen terserbut mengganti bagian input dan elemen-elemen yang tetap dan membuat variasi rasio gigi dan netral.
        Planetary gear terdiri dari beberapa bagian, yaitu : Ring gear, pinion gear, sun gear dan planetary carrier. Planetary carrier dihubungkan dengan poros tengan tiap gigi pinion yang mengakibatkan gigi-gigi pinion berputar. Dengan gigi-gigi yang dihubungkan satu sama lainnya ini, gigi pinion menyerupai planet yang berputar disekeliling matahari, maka mereka disebut dengan planetary gear.

    Bagaimana planetary gear bekerja???. Dibawah ini akan coba penulis jelaskan bagaimana kendaraan bisa bergerak maju, mundur, hubungan langsung dan akselerasi.
1. Deselerasi/Perlambatan
   
Input: Ring gear
Output: Planetary carrier
Fixed: Sun gear 

Pada saat Sun gear pada posisi tetap, hanya pinion gear yang berputar dan berotasi, sehingga poros output akan berdeselerasi dalam proporsi dengan poros input, sehingga rotasi hanya terjadi dari gigi pinion.

2. Gerak mundur/ Reverse
Input: Sun gear
Output: Ring gear
Fixed: Planetary carrier

Pada saat planetary carrier pada posisi tetap dan sun gear berputar, maka ring gear akan berputar pada porosnya dan arah putaran output akan terbalik.


3. Hubungan langsung/Direct Coupling
Input: Sun gear dan Ring gear
Output: Planetary carrier

Saat ring gear dan Sun gear berputar pada saat yang sama, mengakibatkan planetary carrier juga akan berotasi pada kecepatan yang sama.



4. Akselerasi/ Percepatan
Input: Planetary carrier
Output : Ring gear
Fixed: Sun gear

Ketika planetary carrier berputar searah jarum jam, pinion gear berevolusi disekeliling sun gear searah jarum jam. Sehingga ring gear berakselerasi sesuai dengan jumlah gigi pada ring gear dan sun gear


Note :
Panjang panah menunjukkankecepatan dan lebar panah menunjukkan tenaga putaran.
Semakin panjang panah, semakin besar kecepatan rotasi dan semakin lebar panah, semakin besar tenaga putaran.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
May 18, 2020 at 7:42 AM × This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
admin
Thanks for your comment