ALTERNATIF BELAJAR DIRUMAH DENGAN APLIKASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS)

   Dengan semakin meluasnya penyebaran wabah yang disebabkan oleh virus COVID-19 sangat berdampak kepada proses belajar mengajar,  mengakibatkan PBM tidak lagi berjalan semestinya yang mana guru tidak melakukan aktifitas belajar tatap muka dengan siswa di ruang kelas.  

 Langkah konkrit yang dilakukan pemerintah ialah melakukan pembelajaran daring/online untuk menjaga jarak antara guru dengan siswa serta antar siswa atau lebih familiar disebut dengan Social Distancing yang kemudian diperluas menjadi Physical Distancing. Hal ini tidak mempengaruhi mutu pembelajaran yang terpenting kompetensi yang harus dicapai tersampaikan kepada siswa.

   Untuk itu seorang guru wajib menguasai salah satu dari banyaknya aplikasi LMS (Learning Management System) yang menyediakan pembelajaran online, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Disini kami akan membahas beberapa aplikasi LMS yang bisa dipakai oleh seorang guru untuk melanjutkan PBM secara online:
  1. Google Classroom
  2. Cisco Webex dan Zoom
  3. Microsoft Team (One note & Skype)
  4. Ruang guru dan Rumah Belajar
  5. Quipper
  6.  Youtube
  7. Social Media (Facebook, Tweeter, WA dll)
  8. Moodle
  9. Dll 

      Dari beberapa aplikasi diatas silahkan bapak/ibuk guru pilih mana yang dianggap lebih mudah, lebih faham dan lebih enjoy digunakan, yang terpenting saat ini semua materi harus tersampaikan kepada siswanya. Silahkan mencoba!!!

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
May 31, 2020 at 10:51 AM × This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
admin
Thanks for your comment