MATERI PERBAIKAN SUSPENSI BAB II

SUSPENSI INDEPENDEN

TUJUAN KHUSUS PEMBELAJARAN 
Peserta belajar dapat:
Ø  Memahami konstruksi dan cara kerja suspensi independen.
Ø  Mengerti macam – macam suspensi independen.
Ø  Memahami perbedaan dasar suspensi Mac pherson dengan Wish Bone.




Sifat – sifat secara umum:
·                Gerakan salah satu roda tidak mempengaruhi roda lain
·                Konstruksi agak rumit
·                Membutuhkan sedikit tempat
·                Jarak roda dan geometri roda berubah saat pemegasan
·                Titik berat kendaraan dapat rendah (nyaman dan aman)
·                Pegas dapat dikonstruksi lembut (pegas tidak membantu mengantar gerakan roda)
·                Perawatan lebih sulit

Penggunaan:
·                Aksel depan dan belakang (kendaraan penumpang / sedan)
·                Aksel depan saja (kendaraan menengah dan berat)


1.         Suspensi Mac. Pherson
·                Dengan lengan melintang dan batang penahan


Lengan melintang          : Mengantar gerakan roda (arah melintang) saat pemegasan
Batang penahan            : Menahan gaya memanjang (rem, penggerak dsb)
Penggunaan                   : Aksel depan dengan / tanpa penggerak roda
·                Dengan lengan Melintang dan Memanjang
Lengan memanjang       : Mengantar gerakan roda / mengatasi gaya melintang dan memanjang
Penggunaan                   : Aksel belakang tanpa penggerak roda



·                Dengan Lengan “L”

Lengan “L” mengantar gerakan roda (menahan gaya memanjang / melintang)
Penggunaan: Aksel depan dengan / tanpa penggerak roda

·                Mac. Pherson Sistem “Honda” (Suspensi Lengan Melintang)

Suspensi ini tergolong “Suspensi Wish Bone” atau lengan melintang yang dikembangkan dari suspensi Mac. Pherson oleh Honda.

Penggunaan: Aksel depan dengan penggerak roda


2.         Suspensi Wish Bone (Lengan Melintang Dobel)
Dengan Pegas Koil


Penggunaan: Aksel depan tanpa penggerak roda
Dengan Pegas Batang torsi
Dengan Pegas Daun

Pada suspensi Wishbone, lengan atas dibuat lebih pendek daripada lengan bawah, supaya saat pemegasan:
·                Jarak roda tidak berubah (keausan ban berkurang)
·                Tumpuan roda saat pemegasan (belok) baik


3.    Suspensi Independen Dengan Aksel Lengan Torsi


Pada saat salah satu roda berpegas (juga pada saat belok), maka lengan torsi menerima beban puntir sehingga berfungsi seperti stabilisator.
Penggunaan: Aksel belakang tanpa penggerak roda


4.    Suspensi Independen Lengan Memanjang


Lengan memanjang mengantar gerakan roda dan menahan gaya memanjang / melintang.
Penggunaan: Aksel belakang tanpa penggerak roda

Lengan miring  : Untuk menahan gaya melintang & memanjang
Penggunaan     : Aksel belakang dengan penggerak roda

Previous
Next Post »
Thanks for your comment