SUSPENSI
AKSEL RIGID
TUJUAN KHUSUS
PEMBELAJARAN
Peserta belajar dapat:
Ø
Memahami fungsi suspensi
Ø
Mengerti konstruksi dan cara kerja suspensi
aksel rigid
Ø
Menjelaskan perbedaan dari berbagai jenis
suspensi aksel rigid
Suspensi
merupakan bagian kendaraan yang menghubungkan bodi kendaraan dengan roda.
Konstruksinya dibuat sedemikian rupa sehingga kendaraan dapat berjalan dengan
nyaman dan aman.
Untuk
itu maka suspensi harus dapat:
·
Mengantar gerakan roda
·
Memungkinkan roda tetap menapak pada
jalan
·
Mengabsorsikan dan meredam getaran bodi
akibat kondisi jalan
·
Meneruskan gaya pengemudian dan
pengereman
Sifat – sifat:
·
Gerakan salah satu roda mempengaruhi
roda yang lain
·
Konstruksi sederhana,
perawatan mudah
·
Gerakan pemegasan sedikit
mempengaruhi geometri roda
·
Memerlukan ruang pemegasan
yang besar
·
Titik berat kendaraan tidak
dapat rendah (kenyamanan kurang)
·
Massa tak berpegas (aksel,
roda) berat (kenyamanan kurang).
·
Bodi sedikit miring pada
saat belok
Penggunaan:
Aksel belakang tanpa / dengan penggerak roda (kendaraan ringan dan
berat), aksel depan (kendaraan berat) tanpa / dengan penggerak.
Macam
– macam Suspensi Aksel Rigid
1. Aksel Canggah
|
Ujung aksel berbentuk seperti canggah atau garpu yang
dihubungkan sumbu king pin dengan spindel.
Penggunaan: Aksel
dilepas kendaraan berat
2. Aksel kepalan tinju
|
Ujung aksel berbentuk seperti kepalan tinju yang dihubungkan
sumbu king dengan spindel
Penggunaan: Aksel
depan kendaraan berat
3. Aksel Pipa
Berpegas Koil
Lengan – lengan berfungsi untuk mengantar gerakan roda
(pegas koil tidak dapat menerima beban horisontal) arah memanjang dan
melintang.
Penggunaan: Aksel
depan / belakang, dengan penggerak roda
Berpegas Daun
Tidak dibutuhkan lengan – lengan, karena pegas daun dapat
meneruskan beban / gaya memanjang dan melintang.
Penggunaan: Aksel
depan / belakang, dengan penggerak roda.
4. Aksel De – Dion
Kedua roda dipegang batang / aksel khusus, differensial
diikat pada bodi, perlu empat penghubung (joint) pada aksel roda, tidak ada
perubahan geometri roda saat pemegasan, massa tak berpegas ringan.
Penggunaan: Aksel
belakang dengan penggerak roda belakang.
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon