1 : Konstruksi dan
cara kerja Sistem Kemudi.
Sistem kemudi sangat dibutuhkan pada sebuah kendaraan yang berfungsi untuk
mengatur arah kendaraan dengan cara
membelokkan roda depan, coba kita bayangkan apa jadinya sebuah kendaraan tanpa menggunakan sitem kemudi yang baik.
1) Cara
kerja.
Bila steering wheel
(roda kemudi) diputar, steering coulomn (batang kemudi) akan meneruskan tenaga putarnya ke steering
gear (roda gigi kemudi).
Steering
gear memperbesar tenaga putar ini sehingga dihasilkan momen puntir yang
lebih besar untuk diteruskan ke steering lingkage. Steering lingkage akan
meneruskan gerakan steering gear ke roda-roda depan. Jenis sistem kemudi pada
kendaraan menengah sampai besar yang banyak digunakan adalah model recirculating
ball dan pada kendaraan ringan yang banyak digunakan adalah model rack dan
pinion. Agar sistem kemudi sesuai dengan fungsinya maka harus memenuhi
persyaratan seperti berikut :
>
Kelincahannya baik.
>
Usaha pengemudian yang baik.
> Recovery (
pengembalian ) yang halus.
> Pemindahan kejutan dari permukaan jalan harus seminimal mungkin.
. > Pemindahan kejutan dari permukaan jalan harus seminimal mungkin.
2)
Konstruksi.
Pada umumnya konstruksi sistem kemudi
terdiri dari tiga bagian utama yaitu :
a) STEERING COULOMN.
Steering coulomn terdiri
dari main shaft yang meneruskan putaran steering wheel ke steering gear
dan coulomn tube yang mengikat main shaft ke body.Bagian ujung atas dari
main shaft dibuat meruncing dan bergerigi sebagai tempat mengikatkan steering
wheel dengan sebuah mur pengikat.
Bagian bawah main
shaft dihubungkan dengan steering gear menggunakan flexibel joint atau universal
joint yang berfungsi untuk menahan dan memperkecil kejutan dari steering
gear ke steering wheel yang diakibatkan oleh keadaan jalan.
Steering coulomn harus dapat menyerap
gaya dorong dari pengemudi dan
dipasangkan pada body melalui bracket coulomn tipe breakaway sehingga
dapat bergeser turun pada saat terjadinya tabrakan.
Pada kendaraan tertentu,steering
coulomn dilengkapi dengan :
Ø
Steering
lock yang
berfungsi untuk mengunci main shaft.
Ø Tilt steering yang berfungsi untuk memungkinkan
pengemudi menyetel posisi vertikal steering wheel.
Ø
Telescopic
steering yang
berfungsi untuk mengatur panjang main shaft,agar diperoleh posisi yang sesuai.
b) STEERING GEAR
Steering Gear berfungsi
untuk mengarahkan roda depan dan dalam waktu yang bersamaan juga berfungsi
sebagai gigi reduksi untuk meningkatkan momen agar kemudi menjadi ringan.
Steering gear ada beberapa
type dan yang banyak di gunakan adalah type recirculating ball dan rack and
pinion.
Berat
ringannya kemudi ditentukan oleh besar kecilnya perbandingan steering gear
dan umumnya berkisar antara 18 sampai 20:1. Perbandingan steering gear yang
semakin besar akan menyebabkan kemudi semakin ringan akan tetapi jumlah
putarannya semakin banyak, untuk sudut belok yang sama.
Jumlah putaran roda
kemudi (derajat)
Perbandingan steering gear = -----------------------------------------------
(tipe recirculating ball) Jumlah
gerakan pit man arm (derajat)
Jumlah putaran roda
kemudi (derajat)
Perbandingan steering gear = -----------------------------------------------
(tipe rack and pinion) besarnya sudut belok roda
depan(derajat)
c) Steering linkage
Steering
linkage terdiri dari rod dan arm yang meneruskan tenaga
gerak dari steering gera ke roda depan. Gerakan roda kemudi harus diteruskan ke
roda-roda depan dengan akurat walaupun mobil bergerak naik turun. Ada beberapa
tipe steering linkage yaitu :
1)
Steering linkage untuk suspensi rigid
Steering
linkage tipe ini terdiri dari pitman arm, drag link, knuckle
arm, tie rod dan tie rod end. Tie rod mempunyai pipa untuk menyetel
panjangnya rod.
2)
Steering linkage untuk suspensi independence.
Pada tipe ini
terdapat sepasang tie rod yaitu yang disambungkan dengan relay rod
(pada tipe rack dan pinion, rack berfungsi sebagai relay rod.
Untuk menyetel panjangnya rod, maka dipasangkan sebuah pipa diantara tie rod
dan tie rod end.
2 comments
Click here for commentsTerima kasih atas ilmunya, semoga bermanfaat...
Balas:-bd
Balasaminnn
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon