Urutan Pengapian (Firing Order) dan Penyetelan Katup Mesin 3 Silinder

      Pada saat ini penggunaan mesin dengan 3 silinder makin marak didunia permobilan, banyak faktor kenapa mesin 3 silinder menjadi pilihan, diantaranya pertimbangan dari segi ekonomis proses produksinya. Karena mesin yang kecil, maka bahan yang digunakanpun untuk produksi akan lebih sedikit digunakan. Pada umumnya mesin 3 silinder memakai sudut putaran sebesar 120 Derajat sehingga putarannya seimbang, meskipun demikian pada saat proses pembakaran tetap menimbulkan getaran.

        Bagaimana cara kerja dan penyetelan katup pada mesin 3 silinder? Silahkan perhatikan animasi dibawah ini :

Sahabat guru otomotif

         Untuk penyetelan celah katup mesin 3 silinder sama halnya dengan menyetel celah katup pada mesin 4 silinder yaitu katup masuk (IN) = 0.20 mm dan katup buang (EX) = 0.30 mm, sedangkan untuk urutan pengapian mesin 3 silinder FO = 1 - 3 - 2. Langkah pertama kita harus mencari posisi top kompresinya terlebih dahulu.
Berikut urutan penyetelan katup mesin dengan 3 silinder.

A. Top kompresi silinder 1







B.Top kompresi silinder 2







C. Top kompresi silinder 3







Demikianlah urutan pengapian dan penyetelan katup pada mesin 3 silinder, semoga bermanfaat....... Jangan lupa like n Comment....
Previous
Next Post »

13 comments

Click here for comments
December 22, 2019 at 8:13 PM × This comment has been removed by the author.
avatar
admin
December 22, 2019 at 8:16 PM × This comment has been removed by the author.
avatar
admin
December 22, 2019 at 8:18 PM ×

Mesin 4 tak artinya ada 4 langkah piston;
1. Langkah hisap
2. Langkah kompresi
3. Langkah pembakaran
4. Langkah ekspansi

Pada mesin 4 silinder,langkah silinder nomor 1 bersamaan dng langkah silinder nomor 3, dan langkah silinder nomot 2 bersamaan dengan silinder nomor 4

Pada mesin 3 silinder, langkah silinder nomor 1 bersamaan dengan langkah silinder nomor 3 dan silinder nomor 2 "melangkah" sendirian

Maka mesin 3 silinder getarannya lebih banyak, ketimbang mesin bersilinder genap.

Ingat mesin 4 langkah idealnya punya jumlah silider genap agar getarannya minim dan power outputnya optimal

Balas
avatar
admin
May 17, 2020 at 2:18 PM × This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
admin
May 28, 2020 at 2:17 AM × This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
admin
May 28, 2020 at 2:18 AM × This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
admin
December 10, 2020 at 1:35 PM ×

Zebra 1.0 apakah urutan pengapian juga 1.3.2 ?

Balas
avatar
admin
January 7, 2021 at 7:47 PM ×

Saya rasa sama om🙏

Balas
avatar
admin
May 13, 2021 at 5:11 AM ×

Maaf, untuk poin langkah silinder pada mesin 4 tak 4 silinder. Klo tdak salah, langkah silinder no 1 bersamaan dengan silinder no 4, dan no 2 berasamaan dengan no 3.

Maaf klo salah.

Balas
avatar
admin
September 26, 2021 at 5:11 PM ×

Betul om,pistonnya sma2 siatas.
Tpi posisi langkahnya berbeda, jika piston 1 langkah buang, piston 4 langkah kompres🙏

Balas
avatar
admin
February 15, 2022 at 1:55 PM ×

mnurut saya crankshaft 3 piston sangat menarik. krn beda 60' sudut putar, maka sebelum terjadi ledakan pembakaran seolah terjadi perlambatan langkah kerja,menyusul ledakan pembakaran terjadi percepatan langkah kerjanya. mungkin hal tsb yg mengakibatkan getaran pada mesin 3 piston. sepertinya tidak mungkin crankshaft 3 piston memiliki beda sudut putar kelipatan 90',krn tentu getaranya lebih kuat dari yg 120'

Balas
avatar
admin
May 28, 2022 at 2:15 PM ×

Bang, kalau Urutan fairing ordernya 1.2.3, gmna cara stenyalnya yah. Mesin type Perkins

Balas
avatar
admin
July 13, 2022 at 7:46 AM ×

Untuk mesin type perkins biasanya digunakan pada genset, silahkan tonton video di link ini om ya https://youtu.be/xMy4YN1ug9Y

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment