Pemeriksaan Injector Menggunakan Injector Cleaner dan Analizer

         Penggunaan bahan bakar yang memiliki angka oktan rendah akan menyebabkan injector kotor dan tersumbat, untuk itu adakalanya perlu dibersihkan. Membersihkan dan memeriksa injector mobil bensin agak berbeda dengan injector pada mobil diesel karena pada injector bensin penyemprotan dilakukan dengan adanya aliran arus.  Untuk membersihkannya sebaiknya menggunakan injector cleaner dan analizer.
Injector cleaner dan analizer merupakan peralatan pada pekerjaan memelihara/servis injector pada bahan bakar sistem EFI yang berfungsi antara lain:
1. Menguji dan menganalisa kondisi pengabutan pada injector
2. Memeriksa kebocoran/tetesan dan sudut pengabutan bahan bakar injector
3. Menguji jumlah dan keseragaman bahan bakar yang diinjeksikan oleh setiap injektor
4. Membersihkan out hole injektor dari kotoran karbon yang dapat mengganggu pengabutan pada injektor. 

Dalam membersihkan injector dari kotoran Injector cleaner dan analizer menggunakan getaran ultrasonik sehingga mampu membersihkan kotoran yang ada pada injektor dengan baik.

Perlengkapan Injector Cleaner dan Analizer


Fungsi Tombol (keypad)

  1. Tombol RESET, Untuk mereset mengembalikan........Setup
  2. Tombol VALVE, Untuk membuka aliran cairan pembersih sampai terlihat indikator tekanan menunjuk dan menutup aliran cairan pembersih sampai terlihat indikator tekanan tidak menunjuk
  3. Tombol LIGHT, untuk menyalakan dan mematikan lampu penerangan
  4. Indikator RPM, untuk melihat tampilan nilai frekuensi
  5. Indikator PULSE, untuk melihat tampilan nilai lebar pulsa injeksi
  6. Indikator TIME, untuk melihat tampilan nilai lamanya waktu penginjeksian
  7. Indikator COUNT, untuk melihat tampilan waktu mulai penginjeksian.

Prosedur Operasional

1. Proses Pemasangan Injector Cleaner
  • Pasang fuel hose pada injector cleaner
  • Pasang injector
  • Pasang Side feed connector

  • Pasang Plug
2. Prosedur Pemeliharaan Injektor
  • Bersihkan Injektor dengan kain lap berbahan halus dan lembut, kemudian periksa keretakan dan keausan O ring injektor
  • Lepas injektor dari engine , kemudian beri tanda nomor sesuai dengan urutan silinder
  • Periksa nilai tahanan tiap-tiap injektor dangan multimeter, kemudian bandingkan nilai tahanan setiap injektor dengan spesifikasi. Perbedaan tahanan tiap injektor tidak boleh lebih dari 1 Ohm.
  • Hubungkan kabel power kesumber listrik (220 V)
  • Perhatikan volume cairan pembersih dan tambahkan cairan pembersih bila kurang. Penambahan cairan harus satu jenis, tidak boleh berbeda.
3. Memeriksa dan membersihkan injector
    A. Memeriksa kebocoran injector
  • Periksa keretakan dan keausan O ring, ganti bila sudah retak atau aus.
  • Pasang pipa penghubung pada injector
  • Pasang injector pada test stand dengan benar.
  • Tekan tombol PUMP untuk mengoperasikan fuel pump.
  • Reset Tekanan bahan bakar 10% diatas tekanan spesifikasi dengan menekan tombol (+) atau tombol (-).
  • Periksa kebocoran injektor dengan memperhatikan penurunan tekanan dalam kurun waktu 1 menit.
   B. Memeriksa sudut dan kualitas pengabutan
  • Tekan tombol Clean untuk memulai pengabutan pada injector.
  • Periksa bentuk dan sudut pengabutan
  • Periksa kualitas pengabutan bahan bakar
   C. Memeriksa volume bahan bakar yang diinjeksikan
  • Tekan tombol VALVE untuk menutup dan perhatikan indikator tekanan
  • Tekan tombol CLEAN selama 15 detik, volume injeksi antara 34-38 ml (pengujian bisa disesuaikan dengan spesifikasi pabrik)
    D. Periksa tekanan bahan bakar sewaktu pembukaan dan penutupan needle injector
  • Periksa tekanan bahan bakar sewaktu needle injector membuka dan menutup dengan memperhatikan naik-turunnya jarum indikator tekanan.
    E. Periksa keseragaman injector
  • Tekan tombol PRESET sampai putaran sekitar 650 RPM, lebar pulsa injeksi sekitar 3 ms, 1 COUNT (jumlah injeksi) sekitar 4000.
  • Operasikan FUEL PUMP.
  • Reset tekanan bahan bakar sampai tekanannya sesuai spesifikasi.
  • Tekan Tombol IMITATE untuk memulai pengetesan.
  • Periksa volume bahan bakar tiap -tiap injektor, ketika tampilan COUNT menunjukan "0000", keseragaman volume bahan bakar tidak boleh lebih dari 9% diantara tiap-tiap injector atau disesuaikan dengan spesifikasi pabrik. 
    F. Membersihkan injektor dengan ultrasonik
  • Hubungkan tiap-tiap injector kekabel signal dan letakkan pada tempat cairan pembersih.
  • Isikan cairan pembersih sampai injektor terendam sekitar 3/5 dari tinggi injektor.
  • Reset RPM sekitar 350 rpm, lebar pulsa injeksi 3 ms, jumlah pengabutan 7000.
  • Tekan tombol IMITATE untuk mengoperasikan injektor cleaner
  • Reset waktu pembersihan dengan ultrasonic selama 10 menit, kemudian pembersihan dimulai.
Perhatian :
Setelah injector dibersihkan semprot injrktor dengan udara untuk membersihkan kotoran
Jangan mengoperasikan system ultrasonic bila injector tidak direndam oleh cairan pembers

    G. Lakukan apemeriksaan dan pengujian ulang
  • Lakukan pengujian dan pemeriksaan kembali kondisi injektor seperti pengujian 1 sampai pengujian 5.
  • Periksa kualitas dan kondisi injektor
Previous
Next Post »
Thanks for your comment