Pada saat ini penggunaan mesin dengan 3 silinder makin marak didunia permobilan, banyak faktor kenapa mesin 3 silinder menjadi pilihan, diantaranya pertimbangan dari segi ekonomis proses produksinya. Karena mesin yang kecil, maka bahan yang digunakanpun untuk produksi akan lebih sedikit digunakan. Pada umumnya mesin 3 silinder memakai sudut putaran sebesar 120 Derajat sehingga putarannya seimbang, meskipun demikian pada saat proses pembakaran tetap menimbulkan getaran.
Bagaimana cara kerja dan penyetelan katup pada mesin 3 silinder? Silahkan perhatikan animasi dibawah ini :
Untuk penyetelan celah katup mesin 3 silinder sama halnya dengan menyetel celah katup pada mesin 4 silinder yaitu katup masuk (IN) = 0.20 mm dan katup buang (EX) = 0.30 mm, sedangkan untuk urutan pengapian mesin 3 silinder FO = 1 - 3 - 2. Langkah pertama kita harus mencari posisi top kompresinya terlebih dahulu.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteMesin 4 tak artinya ada 4 langkah piston;
ReplyDelete1. Langkah hisap
2. Langkah kompresi
3. Langkah pembakaran
4. Langkah ekspansi
Pada mesin 4 silinder,langkah silinder nomor 1 bersamaan dng langkah silinder nomor 3, dan langkah silinder nomot 2 bersamaan dengan silinder nomor 4
Pada mesin 3 silinder, langkah silinder nomor 1 bersamaan dengan langkah silinder nomor 3 dan silinder nomor 2 "melangkah" sendirian
Maka mesin 3 silinder getarannya lebih banyak, ketimbang mesin bersilinder genap.
Ingat mesin 4 langkah idealnya punya jumlah silider genap agar getarannya minim dan power outputnya optimal
Maaf, untuk poin langkah silinder pada mesin 4 tak 4 silinder. Klo tdak salah, langkah silinder no 1 bersamaan dengan silinder no 4, dan no 2 berasamaan dengan no 3.
DeleteMaaf klo salah.
Betul om,pistonnya sma2 siatas.
DeleteTpi posisi langkahnya berbeda, jika piston 1 langkah buang, piston 4 langkah kompres🙏
mnurut saya crankshaft 3 piston sangat menarik. krn beda 60' sudut putar, maka sebelum terjadi ledakan pembakaran seolah terjadi perlambatan langkah kerja,menyusul ledakan pembakaran terjadi percepatan langkah kerjanya. mungkin hal tsb yg mengakibatkan getaran pada mesin 3 piston. sepertinya tidak mungkin crankshaft 3 piston memiliki beda sudut putar kelipatan 90',krn tentu getaranya lebih kuat dari yg 120'
DeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteZebra 1.0 apakah urutan pengapian juga 1.3.2 ?
ReplyDeleteSaya rasa sama om🙏
DeleteBang, kalau Urutan fairing ordernya 1.2.3, gmna cara stenyalnya yah. Mesin type Perkins
ReplyDeleteUntuk mesin type perkins biasanya digunakan pada genset, silahkan tonton video di link ini om ya https://youtu.be/xMy4YN1ug9Y
Delete