Manual Book Suzuki Grand Vitara Vol 1

       
Selamat bergabung kembali di sahabatguruotomotif.blogspot.com, pada kesempatan kali ini ane akan membagikan manual book Suzuki Gran Vitara Vol 1 2006.

Daftar Isi:
          1.   Pencegahan
          2.   Informasi Umum dan Diagnosa Mesin
          3.   Peralatan Kontrol Emisi
          4.   Kelengkapan Kelistrikan Mesin
          5.   Cara Kerja Mesin
          6.   Sistem Pelumasan Mesin
          7.   Sistem Pendingin Mesin
          8.   Sistem Bahan Bakar
          9.   Sistem Pengapian
          10. Sistem Starter
          11. Sistem Pengisian
          12. Sistem Gas Buang            
          2. Diagnosa Umum Suspensi
          3. Suspensi Depan
          4. Suspensi Belakang
          5. Roda dan Ban
  •  Driveline/Axle
          1. Drive Shaft/Axle
          2. Differential
          3. Propeller Shaft
  • Rem
          1. Pencegahan 
          3. Rem Depan
          4. Rem Belakang
          5. Rem Tangan
          6. ABS 

Keterangan:
Bentuk PDF
Bahasa Indonesia

Selamat bekerja, semoga bermanfaat....


CARA MUDAH MENGETAHUI AKREDITASI PRODI DAN INSTITUSI - BANPT

Warning!!!
Bagi yang ingin mengikuti seleksi CPNS wajib mengetahui akreditasi program studi dan akreditasi kampus masing-masing, akreditasi dikeluarkan oleh lembaga dibawah wewenang Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam rangka peningkatan mutu yang biasa dikenal dengan BAN-PT.

Pada kesempatan ini sahabatguruotomotif.blogspot.com akan membagikan bagaimana cara mengecek Akreditasi Program Studi dan Akreditasi Institusi baik Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta.

CARA MENGECEK AKREDITASI INSTITUSI
1. Buka browser (Crhome, UC Browser,dll), ketik https://banpt.or.id/ atau DISINI








2. Pilih menu " INSTITUSI" pada panel " DIREKTORI"








3. Pada tampilan awal akan keluar semua akreditasi institusi, Silahkan ketik Akreditasi Institusi yang anda cari









4.Selesai

CARA MENGECEK AKREDITASI PROGRAM STUDI
1. Buka browser (Crhome, UC Browser,dll), ketik https://banpt.or.id/ atau DISINI








2. Pilih menu " PROGRAM STUDI" pada panel " DIREKTORI"








3. Pada tampilan awal akan keluar semua Akreditasi Programn Studi, Silahkan ketik Akreditasi Program Studi yang anda cari









4.Selesai

Demikianlah cara mengetahui akreditasi Prodi dan Institusi yang dapat dibagikan oleh sahabatguruotomotif.blogspot.com, Semoga bermanfaat dan bisa dipergunakan sebaik mungkin. Terimakasih

Pengumuman Pelaksanaan Ujian UKMPPG 2018

   
 Berdasarkan  Surat Dir Penjamu No 748/B4.3/TU/2018 tentang pengumuman Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Guru (UKMPPG) setelah dilakukannya rekapitulasi pelaksaan UKMPPG kepada peserta ujian harap diperhartikan beberapa hal sebagai berikut:
  1. Uji kompetensi Periode I 2018 akan dilaksanakan secara online pada tanggal 28 April 2018.
  2. Batas pendaftaran calon peserta uji kompetensi paling lambat tanggal 21 April 2018
  3. Sesuai dengan panduan UKMPPG dan efisiensi biaya, pelaksaan ujian akan dilakukan di institusi dengan minimal peserta 20 orang, untuk institusi yang kurang 20 peserta akan dipindahkan ke institusi terdekat. Apabila jarak antara institusi terlalu jauh maka dimohon peserta mengikuti ujian pada periode berikutnya yaitu:

    

     Berikut daftar LPTK dengan jumlah peserta kurang dari 20 orang.
     Bagi LPTK dengan jumlah peserta kurang dari 20 orang, dapat mengikuti ujian pada periode berikutnya, dapat disampaikan kepada LPTK tersebut untuk mengabarkan pilihan mereka.
  1. Tetap melaksanakan ujian dengan konsekuensi pindah lokasi ujian ke LPTK terdekat/terpilih dengan jumlah peserta ujian minimal 20 peserta.
  2. Menunda ujian pada periode berikutnya.
Pilihan dari peserta bisa dikirimkan ke email panitia ukmppg@ristekdikti.go.id dengan menginformasikan nama, no pendaftaran ujian (2018xxxxxxx), lokasi pilihan awal, lokasi pilihan pindahan paling lambat hari Rabu 25 April 2018 pukul 23.59 wib.
Sumber : http://ukmppg.ristekdikti.go.id/

Demikianlah pengumuman uji kompetensi mahasiswa program profesi guru periode I 2018, semoga bermanfaat. Selamat Ujian dan semoga LULUS. Amin.

Urutan Pengapian (Firing Order) dan Penyetelan Katup Mesin 3 Silinder

      Pada saat ini penggunaan mesin dengan 3 silinder makin marak didunia permobilan, banyak faktor kenapa mesin 3 silinder menjadi pilihan, diantaranya pertimbangan dari segi ekonomis proses produksinya. Karena mesin yang kecil, maka bahan yang digunakanpun untuk produksi akan lebih sedikit digunakan. Pada umumnya mesin 3 silinder memakai sudut putaran sebesar 120 Derajat sehingga putarannya seimbang, meskipun demikian pada saat proses pembakaran tetap menimbulkan getaran.

        Bagaimana cara kerja dan penyetelan katup pada mesin 3 silinder? Silahkan perhatikan animasi dibawah ini :

Sahabat guru otomotif

         Untuk penyetelan celah katup mesin 3 silinder sama halnya dengan menyetel celah katup pada mesin 4 silinder yaitu katup masuk (IN) = 0.20 mm dan katup buang (EX) = 0.30 mm, sedangkan untuk urutan pengapian mesin 3 silinder FO = 1 - 3 - 2. Langkah pertama kita harus mencari posisi top kompresinya terlebih dahulu.
Berikut urutan penyetelan katup mesin dengan 3 silinder.

A. Top kompresi silinder 1







B.Top kompresi silinder 2







C. Top kompresi silinder 3







Demikianlah urutan pengapian dan penyetelan katup pada mesin 3 silinder, semoga bermanfaat....... Jangan lupa like n Comment....

Pemeriksaan Injector Menggunakan Injector Cleaner dan Analizer

         Penggunaan bahan bakar yang memiliki angka oktan rendah akan menyebabkan injector kotor dan tersumbat, untuk itu adakalanya perlu dibersihkan. Membersihkan dan memeriksa injector mobil bensin agak berbeda dengan injector pada mobil diesel karena pada injector bensin penyemprotan dilakukan dengan adanya aliran arus.  Untuk membersihkannya sebaiknya menggunakan injector cleaner dan analizer.
Injector cleaner dan analizer merupakan peralatan pada pekerjaan memelihara/servis injector pada bahan bakar sistem EFI yang berfungsi antara lain:
1. Menguji dan menganalisa kondisi pengabutan pada injector
2. Memeriksa kebocoran/tetesan dan sudut pengabutan bahan bakar injector
3. Menguji jumlah dan keseragaman bahan bakar yang diinjeksikan oleh setiap injektor
4. Membersihkan out hole injektor dari kotoran karbon yang dapat mengganggu pengabutan pada injektor. 

Dalam membersihkan injector dari kotoran Injector cleaner dan analizer menggunakan getaran ultrasonik sehingga mampu membersihkan kotoran yang ada pada injektor dengan baik.

Perlengkapan Injector Cleaner dan Analizer


Fungsi Tombol (keypad)

  1. Tombol RESET, Untuk mereset mengembalikan........Setup
  2. Tombol VALVE, Untuk membuka aliran cairan pembersih sampai terlihat indikator tekanan menunjuk dan menutup aliran cairan pembersih sampai terlihat indikator tekanan tidak menunjuk
  3. Tombol LIGHT, untuk menyalakan dan mematikan lampu penerangan
  4. Indikator RPM, untuk melihat tampilan nilai frekuensi
  5. Indikator PULSE, untuk melihat tampilan nilai lebar pulsa injeksi
  6. Indikator TIME, untuk melihat tampilan nilai lamanya waktu penginjeksian
  7. Indikator COUNT, untuk melihat tampilan waktu mulai penginjeksian.

Prosedur Operasional

1. Proses Pemasangan Injector Cleaner
  • Pasang fuel hose pada injector cleaner
  • Pasang injector
  • Pasang Side feed connector

  • Pasang Plug
2. Prosedur Pemeliharaan Injektor
  • Bersihkan Injektor dengan kain lap berbahan halus dan lembut, kemudian periksa keretakan dan keausan O ring injektor
  • Lepas injektor dari engine , kemudian beri tanda nomor sesuai dengan urutan silinder
  • Periksa nilai tahanan tiap-tiap injektor dangan multimeter, kemudian bandingkan nilai tahanan setiap injektor dengan spesifikasi. Perbedaan tahanan tiap injektor tidak boleh lebih dari 1 Ohm.
  • Hubungkan kabel power kesumber listrik (220 V)
  • Perhatikan volume cairan pembersih dan tambahkan cairan pembersih bila kurang. Penambahan cairan harus satu jenis, tidak boleh berbeda.
3. Memeriksa dan membersihkan injector
    A. Memeriksa kebocoran injector
  • Periksa keretakan dan keausan O ring, ganti bila sudah retak atau aus.
  • Pasang pipa penghubung pada injector
  • Pasang injector pada test stand dengan benar.
  • Tekan tombol PUMP untuk mengoperasikan fuel pump.
  • Reset Tekanan bahan bakar 10% diatas tekanan spesifikasi dengan menekan tombol (+) atau tombol (-).
  • Periksa kebocoran injektor dengan memperhatikan penurunan tekanan dalam kurun waktu 1 menit.
   B. Memeriksa sudut dan kualitas pengabutan
  • Tekan tombol Clean untuk memulai pengabutan pada injector.
  • Periksa bentuk dan sudut pengabutan
  • Periksa kualitas pengabutan bahan bakar
   C. Memeriksa volume bahan bakar yang diinjeksikan
  • Tekan tombol VALVE untuk menutup dan perhatikan indikator tekanan
  • Tekan tombol CLEAN selama 15 detik, volume injeksi antara 34-38 ml (pengujian bisa disesuaikan dengan spesifikasi pabrik)
    D. Periksa tekanan bahan bakar sewaktu pembukaan dan penutupan needle injector
  • Periksa tekanan bahan bakar sewaktu needle injector membuka dan menutup dengan memperhatikan naik-turunnya jarum indikator tekanan.
    E. Periksa keseragaman injector
  • Tekan tombol PRESET sampai putaran sekitar 650 RPM, lebar pulsa injeksi sekitar 3 ms, 1 COUNT (jumlah injeksi) sekitar 4000.
  • Operasikan FUEL PUMP.
  • Reset tekanan bahan bakar sampai tekanannya sesuai spesifikasi.
  • Tekan Tombol IMITATE untuk memulai pengetesan.
  • Periksa volume bahan bakar tiap -tiap injektor, ketika tampilan COUNT menunjukan "0000", keseragaman volume bahan bakar tidak boleh lebih dari 9% diantara tiap-tiap injector atau disesuaikan dengan spesifikasi pabrik. 
    F. Membersihkan injektor dengan ultrasonik
  • Hubungkan tiap-tiap injector kekabel signal dan letakkan pada tempat cairan pembersih.
  • Isikan cairan pembersih sampai injektor terendam sekitar 3/5 dari tinggi injektor.
  • Reset RPM sekitar 350 rpm, lebar pulsa injeksi 3 ms, jumlah pengabutan 7000.
  • Tekan tombol IMITATE untuk mengoperasikan injektor cleaner
  • Reset waktu pembersihan dengan ultrasonic selama 10 menit, kemudian pembersihan dimulai.
Perhatian :
Setelah injector dibersihkan semprot injrktor dengan udara untuk membersihkan kotoran
Jangan mengoperasikan system ultrasonic bila injector tidak direndam oleh cairan pembers

    G. Lakukan apemeriksaan dan pengujian ulang
  • Lakukan pengujian dan pemeriksaan kembali kondisi injektor seperti pengujian 1 sampai pengujian 5.
  • Periksa kualitas dan kondisi injektor

Manual Book Toyota Seri K


        Siapa yang tidak kenal kenal dengan kendaraan mesin Seri K, 3K, 4K,5K dan 7K, merupakan seri mesin buatan Toyota yang paling populer dikalangan masyarakat indonesia. Sampai sekarangpun masih banyak kita jumpai dijalanan,walaupun terbilang sudah tua yang umurnya mungkin lebih tua dibandingkan penulis tapi masih sering kita lihat mondar-mandir. Keberadaannya masih menjadi primadona dikalangan masyarakat, karena umurnya yang sudah tua tentu sudah banyak juga yang mengalami kerusakan. Untuk itu pada kesempatan ini sahabat guru otomotif ingin berbagi panduan perbaikan Seri K Toyota.
  • Pedoman reparasi mesin Seri 3K, 4K, & 5K UNDUH
  • Pedoman reparasi mesin Seri 7K, UNDUH

Keterangan:
Bentuk PDF
Bahasa Indonesia

Silahkan unduh, semoga bermanfaat...

RPP Mendiagnosis Kerusakan Propeller Shaft


Satuan Pendidikan   : SMK Negeri 2 Takengon
Kelas / Semester       : XI/ Genap
Mata Pelajaran          : Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga
Materi Pokok             : Pengenalan dan Penggunaan Peralatan Serta Kelengkapan Gambar Teknik
Waktu                         : 16JP x 45 menit ( 2x Pertemuan)

A. Kompetensi Inti 
  1. Memahami, menerapan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
  2. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
Untuk lebih lengkapnya, silahkan unduh link berikut:
  1. Silabus Sasis dan Pemindah Tenaga UNDUH
  2. Analisis SKL KI KD UNDUH
  3. Analisis Materi Pelajaran UNDUH
  4. Analisis Model Pembelajaran UNDUH
  5. Analisis Penilaian UNDUH
  6. Lembar Kerja siswa UNDUH
  7. RPP Mendiagnosis Kerusakan Propeller Shaft UNDUH



Jobsheet Mendiagnosis Kerusakan Propeller Shaft

       

1)        TUJUAN
Setelah melakukan kerja praktik Poros propeller, siswa diharapkan mampu untuk melakukan perawatan dan perbaikan Poros propeller.

2)        KESELAMATAN KERJA
·         Memakai pakaian kerja, sesuai dengan standar keselamatan kerja,
·         Mempersiapkan tempat kerja yang bersih dan aman,
·         Mempersiapkan alat dan bahan praktikum
·         Mempergunakan alat, equipment, dan SST sesuai dengan fungsinya,
·         Melakukan pekerjaan praktikum sesuai standar operasional prosedur.

3)        ALAT DAN BAHAN
·         Alat
a.       Kunci ring
b.      Kunci pas
c.       Obeng (-) (+)
d.      Batang kuningan
e.       Tang snap ring
f.        Palu plastik
g.      Feeler gauge
h.      Kunci Momen
i.        Dongkrak
j.        jackstand
k.      SST : 09325 – 20010
l.        SST : 09332 – 25010
m.    SST – 09335 – 20010
·         Bahan
a.       1 unit poros propeller
b.      Gemuk
PERHATIAN
Harap berhati-hati, agar tidak menjepit pipa poros propeller terlampau kencang pada ragun (vica) karena dapat menyebabkan perubahan bentuk.

Jobsheet Mendiagnosis Kerusakan Poros Propeller, Silahkan klik UNDUH


Jobsheet Perawatan Sistem Pengapian Konvensional


A. Tujuan

  1. Peserta didik dapat menunjukkan pemeriksaan sistem pengapian pada kendaraan sesuai SOP
  2. Peserta didik dapat mendemonstrasikan pemeliharaan sistem pengapian konvensional pada kendaraan sesuai SOP
B. Keselamatan Kerja
  1. Berdoa sebelum melaksanakan praktik
  2. Menggunakan pakaian praktik
  3. Menggunakan alat sesuai dengan kegunaannya
  4. Melaksanakan praktik sesuai buku panduan 
  5. Menjaga kebersihan alat dan bahan
C. Alat dan Bahan
      1. Alat
  • Tool set
  • Tune Up Tester
      2. Bahan
  • Engine stand
  • Majun
  • Aplas
Jobsheet Pemeliharaan sistem pengapian konvensional untuk lebih lengkapnya silahkan klik UNDUH

Tata Cara Pendaftaran Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Guru (UKMPPG) Periode I 2018

Kapan ujian ulang PPG?
Inilah pertanyaan yang sering muncul dikalangan mahasiswa PPG Daljab angkatan 2017 yang belum lulus ujian, Akhirnya sekarang sudah ada jawabannya. Pada tanggal 2 April 2018 kemaren dilansir dari halaman http://ukmppg.ristekdikti.go.id/ panitia ppg mengeluarkan pengumuman ujian ulang PPG Daljab akan dilaksanakan akhir bulan april 2018.
Pendaftaran ulang dimulai dari tanggal 2 April - 21 April 2018. Disini admin akan membagikan tata cara pendaftaran ulang Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Guru (UKMPPG) 2018. Ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan oleh peserta UKMPPG :
  1. Kartu identitas (KTP/SIM) Max 2Mb
  2. Pas foto terbaru latar belakang merah Max 100kb
  3. Surat keterangan telah menyelesaikan keseluruhan tugas/beban kuliah PPG, yang ditanda tangani oleh pimpinan LPTK.
Tata cara pendaftaran UKMPPG Periode April 2018
1. Masuk ke situs http://ukmppg.ristekdikti.go.id/
2. Klik Pendaftaran dipojok sebelah kanan. Isikan No.Peserta PPG dan Tanggal Lahir, kemudian klik 
    Lanjutkan 

3. Isikan data pribadi anda dengan benar dan lengkap, Informasi Utama akan muncul otomatis
    Serta Pilih Lokasi ujian yang diinginkan.
4. Upload Berkas-berkas yang diperlukan, Setelah semua sudah terupload, Klik Lanjut Mendaftar         Ujian
5. Apabila semua berkas selesai, maka akan muncul pendaftaran SUKSES, maka lanjutkan dengan         mencetak bukti pendaftaran.
   sumber : http://ukmppg.ristekdikti.goid

Demikianlah tata cara pendaftaran ujian UKMPPG Periode 2018, semoga membantu dan semoga lulus ujian semuanya, Aminnn....

Teknologi CVVT Hyundai - Sahabat guru otomotif

     Istilah Variable Valve Timing mungkin bukan bahasa asing lagi ditelinga kita, ya karena hampir semua kendaraan menggunakan istilah ini. Di Toyota/Daihatsu kita mengenal dengan istilah VVT-i, Honda dengan istilah VTEC, Mitsubishi dengan MIVEC dll, sedangkan Hyundai menggunakan istilah CVVT (Continuously Variable Valve Timing).
   Walaupun menggunakan istilah yang berbeda, prinsip kerja dan tujuannya tetap sama mengharapkan performa yang optimal dan maksimal dengan konsumsi bahan bakar yang irit, yang tentunya akan menghemat saku pengemudi.
              


Berikut video cara kerja CVVT

Memeriksa, Merawat dan Memperbaiki Power Steering dengan Benar

     Selamat datang kembali di blog sahabat guru otomotif, pada postingan kali ini kita akan membahas tentang pemeriksaan dan perawatan power steering unit. Pada era modern sekarang ini power steering merupakan komponen yang harus dimiliki oleh sebuah kendaraan, berdasarkan pengalaman admin yang sehari-hari menggunakan mobil buntut alias jadul, ketika admin mengendarai mobil yang menggunakan power steering  amat terasa berbeda, perbedaannya dimana??? mungkin ini pertanyaan yang melintas dipikiran otomania.
       Perbedaannya jelas terasa, walaupun pada saat berjalan mungkin tidak terlalu terasa perbedaan antara mobil yang menggunakan power steering dengan tanpa power steering, akan tetapi akan terasa apabila memutar kendaraan pada saat awal berjalan atau memutar di tempat parkir yang sempit. Jika sahabat otomania yang sudah terbiasa menggunakan power steering ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar power steering, arti kata harus sering-sering diperiksa dan dirawat. Berikut admin bagikan beberapa pemeriksaan dan diagnosa kerusakan pada power steering.


1. Memeriksa Play Setir/ Gerak bebas Steering wheell
  • Periksa setir dari kendur atau bunyi dengan menggerakkan kearah kiri dan kanan, jika rusak  lakukan perbaikan atau diganti
  • Periksa play setir dengan menahan kendaraan pada posisi lurus dan rata, dan matikan mesin
    • Play setir 0-30 mm (0-1.2 in)
  • Jika play setir tidak sesuai spesifikasi, periksa komponen-komponen berikut, jika rusak perbaiki atau diganti.
    • Tie-rod end ball stud aus
    • Lower ball joint aus
    • Steering shaft joint aus
    • Sterring pinion atau rack gear aus atau patah
    • Masing - masing komponen kendur
2. Memeriksa Steering Force
  • Posisikan kendaraan pada jalan yang rata dan set setir pada posisi lurus
  • Periksa tekanan ban, apakah sesuia spesifikasi. Periksa apakah kurang angin atau terjadi kebocoran.
  • Hidupkan mesin dan biarkan minyak power steering mencapai suhu 50-60 0C
  • Dengan putaran idle, ukur steering force dengan menarik spring balancer yang dikaitkan pada setir secara lurus.
    • Steering Force kurang dari 40N (4.0 kg, 8.8 lb)

3. Memeriksa minyak Power Steering
  • Dengan mesin mati, periksa jumlah minyak pada recervoir tank minyak power steering, jumlah minyak P/S harus diantara tanda "UPPER" dan "LOWER". Jika kurang dari tanda "LOWER", tambahkan minyak hingga tanda "UPPER".
    • Catatan:
    • Gunakan minyak yang sesuai spesifikasi kendaraan
    • Minyak harus diperiksa pada saat minyak dingin.

4. Memeriksa dan menyetel Belt pompa P/S

      1. Memeriksa
  • Periksa belt dari kemungkinan rusak dan pasang dengan benar pada pulley
  • Periksa ketegangan belt dengan mengukur berapa jauh kelenturannya saat ditekan dibagian tengah pulley dengan gaya/tekanan sebesar 10 kg (22 lb)
    • Kelenturan belt pompa  8-9 mm (0.31-0.35 in)
      2. Menyetel
  • Kendurkan mur pulley tension belt
  • Setel ketegangan belt sesuai spesifikasi, dengan mengencangkan/mengendurkan baut penyetel
  • Kencangkan mur pulley sesuai momen spesifikasi
    • Momen pengencangan mur belt tension pulley 45 Nm (4.5 kg, 32 lb-ft)

5. Memeriksa sistem idle up
  • Panaskan mesin hingga suhu kerja normal
  • Off kan sitch A/C, jika dilengkapi
  • Putar penuh setir dan periksa putaran idle.
    • Putaran idle mesin akan turun sesaat ketika setir diputar penuh tetapi akan kembali sesuai spesifikasi dengan cepat. jika pengukuran dilakukan saat connector pressure switch P/S terpasang, lakukan  hal yang sama dengan connector dilepas. Turunnya putaran idle dengan connector terpasang harus lebih sedikit dibandingkan saat dilepas.
 
6. Memeriksa tekanan minyak P/S
  • Setelah joint hose tekanan tinggi dan pompa P/S dibersihkan, lepas selang dari pompa dan pasang SST (oil pressure gauge, attachment, dan selang).
  • Periksa masing-masing sambungan dari kebocoran minyak dan keluarkan udara (air bleed).
  • Dengan putaran mesin idle, putar setir dan panaskan mesin hingga suhu minyak pada reservoir minyak P/S naik hingga 50-60 0C (122-140 0F).
  • Periksa tekanan balik dengan mngukur tekanannya pada putaran mesin idle dan lepas setir.
    • Tekanan balik kurang dari 1000 kPa (10 kg/cm2, 142 psi), jika tekanan balik lebih tinggi dari spesifikasi, periksa control valve dan pipa dari tersumbat.
  • Periksa tekanan relief
    • Naikkan putaran mesin hingga 1500 rpm. Tutup gauge valve perlahan sambil memperhatikan naiknya tekanan pada gauge dan perhatikan tekanan relief (tekanan maksimal). Tekanan relief 6.20-6.89 kPa (62-69 kg/cm2, 882-982 psi).
    • Jika lebih tinggi dari spesifikasi, kemungkinan penyebabnya adalah relief valve tidak berfungsi.
    • Jika lebih rendah  dari spesifikasi, kemungkinan penyebabnya adalah pompa P/S rusak atau penyetelan spring relief valve tidak tepat.
    • Selanjutnya, buka gauge valve penuh dan naikkan putaran mesin hingga 1500 rpm. Kemudian putar setir kekiri atau kekanan penuh dan baca tekanan relief. Tekanan relief 6.20-6.89 kPa (62-69 kg/cm2, 882-982 psi). Jika lebih tinggi dari spesifikasi , kemungkinan penyebabnya relief valve rusak. Jika lenih rendah dari spesifikasi , kemungkinan penyebabnya adalah steering gear box rusak. ganti gear box.

7. Memeriksa Boot steering rack, Boot Tie-rod End &  Steeering shaft joint
  • Periksa boot dari kemungkinan robek atau rusak, hal ini dapat menyebabkan gear berkarat, kotor atau grease akan berkurang. Jika rusak perbaiki atau ganti.
  • Periksa boot tie-rod end, jika robek dan rusak. Lakukanpergantian dengan yang baru.
  • Periksa semua shaft joint dari kemungkinan aus, patah dan kerusakan lain. Jika rusak ganti dengan yang bru.

8. Bleeding Sistem Power Steering
  • Angkat kendaraan bagian depan dan pasang jack stand.
  • Isi reservoir minyak P/S hingga sesuai spesifikasi
    • Sebelum menghidupkan mesin, transmisi pada posisi netral dan tarik rem tangan.
  • Setelah mesin hidup idle selama 3-5 detik, matikan mesin dan tambahkan minyak hingga sesuai spesifikasi.
  • Saat mesin mati, putar setir kekanan atau kekiri penuh, ulangi beberapa kali dan isi minyak sesuai spesifikasi.
  • Dengan mesin idle, ulangi memutar setir beberapa kali hingga busa pada reservoir minya P/S hilang.
    • Lakukan bleeding, jika masih terdapat udara pada minyak. Pompa P/S akan menimbulkan bunyi atau setir akan tersa berat.
  • Setelah selesai, periksa jumlah minyak sesuai spesifikasi. 

Manual Book Suzuki Ertiga Chassis & Power Train

DAFTAR ISI

  • 0A- General Information
  • 0B- Maintenance/Perawatan dan Pelumasan
  • 1A- General Information/Informasi Umum
  • 1B- Emission Control Devices/Perangkat Kontrol Emisi
  • 1C- Engine Electric Devices/Perangkat Elektrik Mesin
  • 1D- Engine Mechanical/Mekanis Mesin
  • 1E- Lubricant SystemSistem Pelumasan Mesin
  • 1F- Cooling System/Sistem Pendingin Mesin
  • 1G- Fuel System/Sistem Bahan Bakar
  • 1H- Ignition System/Sistem Pengapian
  • 1I- Starting System/Sistem Pemula Gerak
  • 1J- Charging System/Sistem Pengisian
  • 1K- Exhaust System/Sistem Gas Buang
Baca juga: 
BAB II CHASSIS & POWER TRAIN
Bentuk PDF
Bahasa Indonesia